SELAMAT DATANG DIPERGURUAN PENCAKSILAT BASABA

SELAMAT DATANG DI SITUS KAMI

PERGURUAN PENCAKSILAT BASABA

MANJAGO KAMPUANG HALAMAN,MANJAGO ADAT JO NUGARI, SARATO SAKO JO PUSAKO...
ADAT LAMO PUSAKO ZAMAN ADATNYO KITO JAGO, PUSAKONYO KITO RIMBUNKAN..
MUSUAH INDAK DI CARI BATAMU PANTANG UNTUAK DIELAKAN.....

HALAMAN UP DATE BASABA

Jumat, 28 Januari 2011

PERGURUAN PENCAKSILAT BATU BASA BATUAH


 " B A S A B A "
MUQADDIMAH
      "Dan sediakanlah untuk (melawan ) mereka , apa-apa yang kamu bisa dari pada kekuatan  dan daripada persesuaian kuda-kuda ( terlatih ) yang bisa mereka takutkan ( Gentar) dengannya akan musuh ALLAH dan musuh kamu . Dan (musuh) lain dari mereka yang kamu tidak tahu (tetapi ) ALLAH  mengetahui mereka :karena apa-apa yang kamu Nafkahkan ( Jihad ) di Jalan ALLAH , akan disempurnakan ( balasannya )kepada kamu ,dan kamu tidak akan dianiaya.
Dan Jikala mereka Condong Pada Perdamaian, maka condonglah ( jangan sakiti ) pada mereka dan Ajaklah Bertawakal ke Jalan ALLAh. Sesungguhnya DIA Maha Mendengar & Maha Menngetahi”.
 "(Q.S AL- ANFAL, ayat 60 – 61 )”

     Dengan Rahmat ALLAH Subhanahu Wata’ala dan didorong oleh semangat ber-Ibadah menurut Agama Islam , kesadaran akan Fungsi Angkatan Muda sebagai Pelopor , pelangsung dan penyempurnaan Parit Paga Nagari Minangkabau. bertepatan Pada Tanggal 31 Juli 1990, di Batu Basa Lahir Perguruan Seni Beladiri Pencak Silat Tradisional Batu Basa Batuah ( BASABA ) dengan Ikhlas mengabdikan dirikepada Agama, Adat, Bangsa dan Negara.
      Bahwa sesungguhnya Pencak Silat adalah Seni Beladiri Minangkabau Tadisional yang Luhur dan bermoral , perlu dilestarikan ,dikembangkan dan diamalkan serta dijaga dari pengaruh Syirik dan menyesatkan yang dapat menodai nilai Luhur yang terkandung di dalamnya.

”Adat Lamo Pusako Zaman,Adat  nyo kito Jago
 Pusakonyo samo-samo kito Rimbunkan”.
Perguruan Pencak Silat Basaba merupakan Perpaduan Naturalisasi dari Unsur Silat Tuo, Silat Staralak, silat Bungo dan Silat Modern yang dipadu menjadi seni beladiri yang sangat indah & menawan, tanpa meninggalkan Nilai-nilai Luhur & kemurnian silat Lama ( Tradisional ).

     Sebagai Putera Minang Kabau Khususnya,Bangsa Indonesia Umumnya , Perguruan Seni Beladiri Pencak Silat BASABA mengabdikan diri , berperan serta mendidik dan membina manusia Indonesia agar menjadi menusia ber-Iman dan ber-Akhlak dan terampil serta sehat jasmani dan Rohani. Dengan Iman dan Akhlak menjadi kuat , tanpa Iman dan Akhlak menjadi lemah.

Perguruan Seni Beladiri Pencak Silat BASABA bertekad bulat mengagungkan Asma ALLAH , dijiwai sikap Jujur , Rendah hati, ber-Akhlkul karimah dalam pengamalan Ajaran Islam yang bersumber pada Al-Qur'an dan As- Sunah.
Dalam melaksanakn kegiatannya , Perguruan Seni Beladiri Pencak Silat BASABA diatur melalui Anggaran Dasar & Rumah Tangga yang Wajib dipatuhi dan dihormati.

2 komentar:

  1. WEEEEEEEEEEEEEEEEEEEEEEEEEEEEWWWWWWWW

    BalasHapus
  2. segeh bana,seni nan elok, pantas utk dilestarikan,,LANJUTKAN!!!!!!!!!!!

    BalasHapus